Saya tidak merokok, dan itu pilihan saya.

Seumur hidup saya hingga saat ini, saya tidak pernah menghisap sebatang rokok sekalipun. Ini bagian dari prinsip saya untuk tidak membakar uang yang saya hasilkan dan perlahan-lahan membakar organ tubuh saya hanya demi sebuah guilty pleasure. Saya harap ini bisa berlangsung hingga saya mati, supaya saya tidak perlu tau soal seni merokok seperti yang mereka dengungkan sebagai suatu pembelaan manis.

Merokok atau tidak menjadi keputusan tiap orang. Saya tidak menyalahkan mereka yang memilih untuk merokok. Sama sekali tidak, asal mereka tahu resiko mereka sebagai perokok. Yang saya salahkan adalah mereka membagi resiko pilihan mereka itu dengan saya dan teman-teman para anti-rokok. Kerap kali saya masih menemukan mereka, para perokok, yang merokok di depan umum, di kalangan mereka para anti-rokok. Bukankah itu suatu ketidakadilan akan suatu keputusan?

Saya merasa punya tanggung jawab atas diri saya dengan memilih untuk tidak merokok. Juga atas kesehatan jasmani serta kesehatan finansial saya. Mereka, para perokok, harusnya juga punya tanggung jawab untuk itu, atau setidaknya untuk sadar akan tanggung jawab mereka untuk tidak merokok di lingkungan umum. Pernah ada gumaman teman saya, supaya mereka para perokok, mukanya dibungkus plastik, agar pilihan asap rokok yang mereka timbulkan, bisa mereka nikmati langsung tanpa perlu tercemar pada udara tanpa dosa. Memang tidak mungkin sepertinya gumaman teman saya itu, tapi dari situ saya berpikir dalam bahwa kesadaran lagi-lagi menjadi kunci. Kalau tanda dilarang merokok hanya menjadi hiasan, atau peringatan dilarang merokok di depan umum hanya menjadi nasihat tanpa dengar, bukankah satu-satunya yang diperlukan hanya suatu rasa sadar untuk memilih apa yang mereka pilih?

Saya tidak merokok, dan itu pilihan saya.

*tulisan ini terinspirasi suatu obrolan di Path seorang teman terganggunya Ia akan perokok depan umum.

Advertisements

4 thoughts on “Saya tidak merokok, dan itu pilihan saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s