Bila nurani berkata ‘YA’

Dua minggu ke belakang, saya dilanda rasa ingin menulis sesuatu berbau politik. Bukan sok ikut-ikutan mau berpolitik, hanya merasa saya peduli akan nasib bangsa ini. Pemilihan Presiden tinggal menghitung jam, dan saya beserta jutaan jiwa di negeri ini harusnya mampu peduli meramaikan pesta demokrasi. Suatu pesta yang seharusnya diisi oleh kita sebagai kita, yang menjadikan harga tiap-tiap suara kita sama, tidak mengenal siapa kita, apa latar belakang kita, hanya satu, Indonesia.

Berani memilih, berani peduli mana yang harus dipilih, berani mengerti siapa yang pantas dipilih. Semuanya butuh dasar. Butuh bukti. Bukti keyakinan untuk bisa benar-benar memilih. Indonesia, tanah yang kita pijak, bagian dunia di tenggara Asia ini butuh masa depan yang patut diperjuangkan. Pilihan kita merupakan perjuangan itu. Kenali suara hati, selidiki mata hati. Hadirkan kesejukan dalam memilih yang terbaik dari yang ada.

Presiden, seorang pemimpin bangsa, pun manusia. Tidak luput dari sempurna. Tidak jauh dari kata maaf. Namun nurani ini butuh pemimpin baik. Butuh inspirasi untuk perjuangkan bangsa ini. Ia yang hadir dari rakyat, melalui rakyat, dan tentu untuk rakyat. Dimana nurani kita sebagai rakyat, bila kita tidak mampu memperjuangkannya? Tidak perlu cela untuk kubu lawan, cukup lontarkan senyum kekaguman untuk niat baik mereka memimpin negeri. Namun bila nurani berkata ya untuk pilihan yang ditetapkan, percayalah semuanya akan indah pada waktuNya. Coblos dengan tulus, dengan nurani yang terbebas dari belenggu, dengan nurani yang terhubung langsung pada jaringan Sang Maha Kuasa. Bukan karena rentetan seri kertas bertitel uang atau kekuasaan sepihak yang akhirnya menggeser integritas lubuk hati.

Nurani ini tahu betul kemana hawa sejuk bertiup.

Selamat melaju ke balik bilik suara!
Selamat memilih mereka yang pantas dipilih!
Dan bila esok lusa nurani tidak mampu menangkan pilihan kita, mari tetap cintai bangsa, tanpa lupa jati diri dimana kita berpijak.

Salam erat pecinta negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s