sebuah Catatan untuk Filosofi Kopi

Saya terkesima menyaksikan FILOSOFI KOPI karena ceritanya di-develop sedemikian baik tanpa merusak ide cerita pendek dari sang penulis, Dewi Lestari. Filosofi Kopi seperti memiliki dosis pas tanpa perlu membual terlalu banyak. Setelah Cahaya dari Timur, Angga Dwi Sasongko sukses menyuguhkan Filosofi Kopi dengan rasa yang punya kelas. 
Meskipun Ben’s Perfecto bukan kopi terbaik di film ini, bagi saya scene dimana Ben’s Perfecto tercipta adalah scene yang magical dan sangat sulit dilupakan. Lagi-lagi Angga mengemasnya dengan sederhana namun penuh “roh”. Scene tersebut seperti mengajak kita bersorak bersama berkat kesuksesan seorang Ben, barista idealis nan obsesif, dalam keheningan sorak. Cast utama film ini, Chicco Jerikho, lagi-lagi bersinar terang memerankan tokoh Ben sang barista. Chicco, yang juga duduk di kursi Executive Producer, mampu memerankan tokoh idealis ini dengan sangat real dan lepas. Chemistry-nya dengan Rio Dewanto (sebagai Jodi) dan Jullie Estelle (sebagai El) juga menggambarkan betapa film ini tepat memilih setiap cast yang ada. Disusul nama-nama besar seperti Slamet Rahardjo dan Jajang C.Noer yang semakin melengkapi takaran dosis yang saya sebut Pas di awal narasi ini. Cameo-cameo seperti Joko Anwar, Mellisa Karim, dan Tara Basro juga menambah sempurnanya film tentang kopi ini. 
Excitement saya tentang film seperti ditambahkan dosisnya dengan excitement saya terhadap kopi. Saya memang bisa dibilang baru menyukai kopi. Itupun bukan kopi-kopi kelas berat tanpa campuran susu dan gula. Tapi dari film ini, saya melihat bahwa sesuatu yang passionate dapat membuat hal yang dicipta menjadi sesuatu yang punya kelas tersendiri. Filosofi Kopi mengingatkan kembali tentang murninya sebuah passion diiringi komitmen yang tinggi yang mampu mengantarkan pada gerbang sukses. Filosofi Kopi juga mengembalikan ingatan saya akan pentingnya keseimbangan antara pikiran dan rasa, antara otak dan hati. 

dan saya masih terjaga akibat candu kafein yang tertular melalui FILOSOFI KOPI..


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s